Kamis, 22 April 2010

Kupu-kupu Yang Lumpuh Sepanjang Masa

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Alhamdulillahirabbil’alamin. Setelah sekian lama tidak menerbitkan cerita berhikmah, hari ini akhirnya dapat kesempatan untuk bisa berbagi Cerita Ber-Ibrah. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


Akisah di suatu pohon yang rindang dan damai, hiduplah seekor ulat yang sangat cantik sedang bermain bersama bersama beberapa mahluk pohon lainnya. Tampak juga disitu kawanan semut, kupu - kupu yang berterbangan dan beberapa burung yang sedang berisirahat di ranting. Melihat banyak kupu - kupu cantik berterbangan kesana kemari, si ulat pun bergumam, ”Mmh, tak lama lagi aku akan berubah menjadi kupu - kupu yang cantik dan bisa terbang bersama mereka.”

Beberapa hari kemudian, tibalah saatnya bagi si ulat untuk bermetamorfosa menjadi kupu - kupu yang cantik. Awalnya si ulat diam di salah satu daun karena sebelum menjadi kupu - kupu yang cantik, ia harus terlebih dahulu melewati satu proses yaitu menjadi kepompong. Hari - hari berlalu dan tibalah saatnya si ulat keluar dari kepompongnya untuk bisa terbang bebas mengelilingi alam yang indah ini.

Perlahan namun pasti ia mencoba menguak salah satu sisi dari kulit kepompong. ”Ugghh, susah sekali melewati kulit ini. Mungkin karena sekarang tubuhku telah berubah menjadi lebih besar”, ucap si calon kupu - kupu. Berkali – kali ia mencoba namun ia tetap merasa kesulitan untuk menembus kulit kepompong tersebut. Sampai akhirnya ia merasa letih dan memilih untuk beristirahat sejenak

Setelah ia merasa tubuhnya kembali segar, ia pun melanjutkan perjuangannya untuk bisa keluar dari kediaman lamanya tersebut dan kemudian terbang kesana kemari bersama teman - temannya yang cantik. Beberapa detik, menit bahkan jam pun berlalu, ia baru berhasil menguak sedikit kulit kepompong itu dan perjuangan pun masih harus tetap dilanjutkan karena ia harus segera keluar dari kulit kepompong itu sebelum malam tiba.

Namun tiba - tiba, sang calon kupu - kupu cantik ini melihat ada manusia berjalan mendekatinya dan mengamatinya. Lama sekali manusia itu mengamati dirinya yang sedang kesulitan keluar dar kepompong. Sampai akhirnya, lubang kepompong itu dikuakkan oleh manusia dengan maksud membantu sang calon kupu - kupu cantik.

Perlahan pun akhirnya kupu - kupu mulai bisa keluar dari kepompong, dengan mudah tentunya karena telah dibantu oleh manusia tadi. Namun, apa yang terjadi??? Sang kupu - kupu cantik ini tidak bisa terbang. Ia pun merasa heran mengapa ia tidak bisa terbang. Ia mulai bersedih mengapa ia tidak bisa terbang. (tahukah teman – teman??) Ternyata, cairan kekuatan yang telah disiapkan Tuhan untuknya baru bisa berfungsi jika ia berhasil melewati kepompong tersebut. Ia memang berhasil, namun bukan karena usaha sendiri, melainkan dibantu oleh orang lain. Oh, sungguh malang nasib kupu – kupu cantik ini. Akhirnya ia menyesal mengapa ia berharap dibantu sehingga menjadikan manusia itu pun membantunya. Kini, ia tidak lagi bisa menjadi kupu - kupu yang cantik. Kini ia hanya bisa menjadi ”Kupu – Kupu yang Lumpuh Sepanjang Masa”.



Ibrah/Hikmah :
Teman - teman, sama halnya dengan kupu - kupu di atas. Allah pun telah menyiapkan banyak keistimewaan pada diri kita, yang baru bisa berfungsi jika kita menggunakannya sesuai dengan jalan yang diridhoiNya. Misalnya dalam setiap Ujian yang kita lalui. Itu merupakan ujian dari Allah untuk kita agar kemampuan kita bertambah (minimal) satu tingkat. Namun, bagaimana jika teman - teman melewati ujian itu dengan cara yang tidak di ridhoiNya?? Apakah teman - teman yakin Allah menambah kemampuan teman – teman?? Atau mungkin Allah bukan menaikkan kemampuan, melainkan menurunkan kemampuan teman - teman karena perbuatan teman-teman tersebut??
Wallahu’alam.. Hanya Allah yang Maha Tahu..
Semoga kita termasuk ke dalam hamba – hambaNya yang berada pada jalan yang diridhoiNya.. Amiinn..


Punya Ibrah lebih dari Ibrah diatas??
Mari kita share untuk bahan intropeksi diri kita..

Segala yang benar Hanya Milik ALLAH SWT.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

1 komentar:

Sukses Terus min, jangan lupa duduk pakai Kursi Kantor biar ga pegel. hehe

Posting Komentar