Senin, 28 Desember 2009

Pengenalan Multimedia dan Penerapannya.

Yang dimaksud dengan Multimedia adalah interaksi antara teks, suara, animasi, gambar statis, dan video.
Ditinjau dari kata-kata pembentukannya, multimedia berarti "melibatkan berbagai media". Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik berupa teks ataupun gambar dan video, dan pada waktu yang bersamaan Anda bisa mendengarkan paparan dalam bentuk suara melalui speaker.
Dan pada zaman sekarang teknologi multimedia sudah berkembang pesat. hampir semua bidang menerapkan multimedia seperti Pendidikan, Pemerintahan, Bisnis dan Industri, Kesehatan, Rumah Tangga, TV dan Broadcast.

1. Aplikasi multimedia pada bidang Pendidikan
Sekarang ini hampir semua lembaga-lembaga pendidikan yang memanfaatkan multimedia dalam hal pengajaran atau penyampaian pelajaran di kelas. sehingan apa yang disampaikan guru, dapat dinikmati pula oleh murid. Dengan penyampaian dengan media yang interaktif, pelajaran pun dapat mudah dipahami, juga sangat berguna dalam mengajarkan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional. Teknologi ini juga diterapkan pula dalam e-learning

2. Aplikasi multimedia pada bidang kesehatan
Pada bidang kesehatan pun tak mau ketinggalan, kini banyak Rumah Sakit yang memanfaatkan multimedia untuk keperluan medis. Seperti untuk Rontgen, Pengetesan penglihatan. Multimedia juga digunakan untuk sistem denah interaktif yang dapat meudahkan pengunjug menemukan letak kamar sesuai nomornya.

3. Aplikasi multimedia pada bidang pemerintahan
Pada bidang pemerintahan pun kini sudah menerapkan multimedia untuk menyuarakan iklan sosial, memberikan penyuluhan-penyuluhan melalui media elektronik. mltimedia juga diterapkan pada e-goverment.

4. Aplikasi multimedia pada bidang bisnis dan industri
Untuk biang ini sudah tidak asing lagi dengan multimedia, bahkan multimedia ini sudah seperti keharusan. banyak sekali multimedia dimanfaatkan untuk presentasi bisni, baik itu presentasi dalam meeting maupun presentasi kepada client. Multimedia ini juga digunakan untuk kios interaktif, dimana pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.

5. Aplikasi multimedia pada bidang rumah tangga.
Jangan disangka kalau rumah tangga tidak memerlukan multimedia. Ada sebuah teknologi bernama telekonferensi, dimana peranan multimedia digunakan untuk bertemu mukadan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masig komputer pemakai. yang lebih sering sekali kita ketahui pemakaiannya adalah Game atau konsol seperti Playstation atau Nintendo. dengan itu kita bisa menghibur diri jika stress.

6. Aplikasi multimedia pada TV dan Broadcast
Pada bidang ini jangan tanya lagi apa kegunaan multimedia, pada bidang ini tidaklah lepas dari peranan multimedia. Tayangan-tayangan yang sering kita tonton di layar kaca tak lepas dari multimedia apalagi proses pembuatannya banyak menggunakan aplikasi multimedia seperti video editor, movie maker, dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar